Girls in the Dark

Published January 12, 2015 by tikikabum

22432940

Girls In the Dark

Penulis: Akiyoshi Rikako

Penerjemah: Andry Setiawan

Penerbit: Haru

ISBN: 978-602-7742-31-4

Tebal: 279 halaman

Harga: 52.000

Apa yang ingin disampaikan gadis itu?

Gadis itu mati. Ketua Klub Sastra itu, Siraishi Itsumi, mati. Di tangannya ada setangkai bunga lily. Pembunuhan? Bunuh diri? Tidak ada yang tahu. Satu dari enam gadis anggota Klub Sastra digosipkan sebagai pembunuh gadis cantik berkarisma itu.

Seminggu sesudahnya, Klub Sastra mengadakan pertemuan. Mereka ingin mengenang mantan ketua mereka dengan sebuah cerita pendek. Namun ternyata, cerita pendek yang mereka buat adalah analisis masing-masing tentang siapa pembunuh sebenarnya. Keenam gadis itu bergantian membaca analisis mereka, tapi. . .

Kau… pernah ingin membunuh seseorang?

 

Siraishi Itsumi, gadis paling cantik di SMA Putri Santa Maria adalah putri dari ketua yayasan yang menaungi sekolahnya. Klub Sastra yang diketuai oleh Itsumi adalah klub paling terkenal dan paling mewah. Banyak murid yang ingin bergabung dengan klub itu. Selain kecantikan dan kepopuleran Itsumi, salon tempat berkumpulnya anggota klub itu juga menjadi daya tarik.

Klub sastra yang menjadi idaman setiap murid itu hanya memiliki 6 anggota lain selain Itsumi. Sayuri, sahabat Itsumi yang sekaligus menjabat sebagai wakil ketua klub; Shiyo, penulis yang debut sejak kelas 3 SMP; Sonoko, teman sekelas Itsumi dan Sayuri; Diana, murid Internasional dari Bulgaria; Akane, putri dari pemilik restoran jepang yang terkenal; dan Mirei anggota terakhir yang bergabung.

Ketujuh gadis itu terlihat bahagia dan sangat menyayangi satu sama lain sebelum akhirnya mereka menemukan Itsumi yang bersimbah darah sambil memegang setangkai lily di tangannya. Seluruh sekolah geger. Murid-murid menebak bunga lily yang dipegang Itsumi itu merupakan dying message!

Pertemuan anggota klub seminggu setelah kematian Itsumi ternyata menyingkap semua rahasia yang mereka simpan rapat-rapat. Termasuk pembunuh Itsumi yang sebenarnya!

Cerita dalam buku ini hanya memiliki satu latar, yaitu salon markas Klub Sastra yang sekaligus menjadi tempat pertemuan anggota klub seminggu setelah kematian Itsumi. Tempat enam anggota yang tersisa membacakan naskah yang mereka tulis, yang semuanya berisi pendapat mereka tentang siapa orang yang paling memungkinkan untuk membunuh Itsumi berdasarkan apa yang mereka dengar dari Itsumi sebelumnya.

Tbh, saya agak kurang mengerti sama buku ini. Mungkin, seandainya aja saya paham penjelasan penulis tentang tradisi yaminabe, saya bakal lebih menikmati buku ini. Mungkin karena saya kurang familiar sama budaya Jepang kali ya, makanya agak bingung.

Untuk plot-nya sih menurut saya udah keren. Cuma ada beberapa bagian gak penting tapi diceritakan secara mendetil jadinya malah terasa terlalu berbelit-belit. Selain itu ada beberapa kata yang menurut saya agak kurang pas. Karena dalam satu halaman tertulis kata ‘tidak’ dan ‘nggak’ juga ‘sudah’ dan ‘udah’ padahal dua-duanya sama-sama dipakai dalam kalimat narasi.

Tapi yang paling bikin keren menurut saya adalah ketika pembunuh Itsumi yang sebenarnya terungkap. Sebenernya saya udah nebak sih, siapa pembunuhnya. Dan tebakan saya bener! Cuma waktu, cara, dan alasan kenapa dia membunuh Itsumi yang tidak terduga itu yang patut diacungi jempol.

Penggambaran karakternya di sini menurut saya agak menyeramkan sih. Hehe. Karena semua anggota yang dari luar kelihatan sempurna ternyata masing-masing punya sisi kelam yang mengejutkan. Terutama Itsumi dan Sayuri yang terlihat paling sempurna tapi ternyata memegang kendali di awal dan di akhir cerita.

Dan satu lagi, ada yang bikin saya bingung di bab terakhir. Saya nggak tau maksud dari kalimat Sayuri tentang ‘Lengan Venus’ dan ‘Jam Tangan Chanel’ milik Itsumi yang tiba-tiba berada dalam panci. Kalau maksudnya itu ternyata sama dengan yang saya pikirkan berarti ini benar-benar pembunuhan keji!

Rating dari saya:

3

One comment on “Girls in the Dark

Leave a Reply

