Esio Trot

Published May 23, 2015 by tikikabum

575224_esio_trot

Esio Trot

Penulis: Roald Dahl

Ilustratos: Quentin Blake

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

ISBN: 978-979-22-2091-9

Tebal: 72 halaman

Pernahkah kau ingin berubah jadi makhluk lain? Mr. Hoppy yang pemalu rela jadi kura-kura demi merebut hati Mrs. Silver, tetangganya yang baik hati dan penyayang kura-kura. Karena tak bisa, akhirnya ia menemukan cara amat cerdik, yang melibatkan banyak kura-kura, dan … membuatnya jadi bisa sering bertemu Mrs. Silver.

Ada dua hal yang dicintai Mr. Hoppy dalam hidupnya. Salah satunya adalah bunga-bunga yang ditanamnya di balkon apartemen. Dan satunya lagi adalah Mrs. Silver, perempuan separuh baya yang tinggal satu apartemen dan tinggal persis di bawahnya. Mr. Hoppy mencintai sejak dulu, tapi ia amat pemalu dan tidak pernah sedikit saja member petunjuk bahwa ia mencintai Mrs. Silver.

Balkon Mrs. Silver sedikit lebih menjorok ke luar daripada milik Mr. Hoppy, sehingga Mr. Hoppy bisa melihat bahwa Mrs. Silver sangat memanjakan kura-kuranya yang dipeliharanya di balkon. Mrs. Silver memberikan seluruh cintanya pada Alfie, kura-kuranya itu. Bahkan beliau selalu membisikkan kata-kata sayang sambil mengelus batok Alfie. Dan pemandangan itu membuat Mr. Hoppy iri. Ia rela menjadi kura-kura asalkan bisa dekat dengan wanita idamannya itu.

Mr. Hoppy mencari cara agar bisa dekat dengan Mrs. Silver, dan pada suatu hari ide cemerlang-pun hinggap di pikirannya. Semuanya berasal dari keluhan Mrs. Silver. Pagi itu, Mrs. Silver mengeluh bahwa Alfie yang dirawatnya dengan kasih sayang selama sebelas tahun tidak kunjung tumbuh besar. Sejak awal memeliharanya, Alfie hanya tumbuh seberat 3 ons. Mrs. Silver mengatakan pada Mr. Hoppy bahwa ia berharap Alfie yang sekarang hanya seberat 13 ons bisa tumbuh lebih cepat. Benak Mr. Hoppy pun berputar seperti mesin, kemudian ia berkata pada Mrs. Silver bahwa ia bisa membuat Alfie tumbuh lebih cepat dengan menggunakan mantra yang didapatnya dari seorang pria suku pedalaman di Afrika.

Aruk-aruk, aruk-aruk

Rasebmem, halrasebmem!

Haloya, aruk-aruk,

Hubmut, gnabmek, rakem!

Raseb, kakgneb, gnubmeg!

Nalet! Kaggnet! Haynuk! Kuget!

Tarebmem, aruk-aruk, tarebmem!

Oya, oya! Nalet nanakam!

LOL! Waktu pertama kali liat buku ini, saya dibikin bingung. Esio Trot itu bahasa apa sih? Terus kok terjemahannya Aruk-Aruk? Apa pula Aruk-Aruk itu? Terus pas baca catatan pengarang di awal sebelum masukke cerita, si pengarang bercerita tentang dulu ia memelihara kura-kura. Nah yang bikin heran itu kenapa di halaman itu ada catatan kaki yang menjelaskan bahwa kura-kura dalam bahasa inggris adalah tortoise? Tapi setelah dipikir-pikir sebentar saya jadi ngerti. Oh… Esio Trot itu maksudnya Tortoise yang hurufnya dibalik toh… Ah ada-ada aja Mbah Roald Dahl ini hehehe *SKSD

Ceritanya ringan banget dan bukunya juga tipis. Cocok banget dibaca buat anak-anak yang baru bisa membaca. Apalagi ilustrasinya juga penuh tiap halaman. Karena bukunya tipis banget jadi bingung mau nulis apa buat reviewnya. Pokoknya buku ini bercerita tentang perjuangan Mr. Hoppy untuk mendapatkan sang pujaan hati, yah meskipun caranya pake bohong juga sih, hehehe. White Lie lah kalo menurut Mr. Hoppy. Tapi agak ngerasa kasian juga sama si Alfie, dan kayaknya juga Mrs. Silver bakal sedih banget kalo tau yang sebenarnya.

Aslinya sih itu ringkasan ceritanya yang di atas mau saya tambahin lagi, tapi kalo ditambahin ntar malah spoiler. Abis kan bukunya tipis bingit gitu loh…

 

Rating dari saya:

3_5

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: